5 Tips agar Website Anda Bisa Tampil di Halaman Pertama Google Nih

Perkembangan dunia digital di Indonesia terbilang cukup pesat. Hal ini terlihat dari banyaknya website milik perusahaan Indonesia yang membanjiri halaman pencarian di Google. Semuanya tampil cemerlang untuk memikat para visitor. Selain dari segi penggunaan kosakata yang baik, kita bisa menarik perhatian calon pengunjung dengan menempatkan website kita berada di halaman pertama Google. Apalagi kalau posisinya ada di urutan pertama, kedua, dan ketiga pasti semua orang berebut untuk memasukinya.

Namun kenyataannya tidak mudah bagi kita untuk bisa membuat website berada di halaman pertama di hasil penelusuran Google. Terlebih untuk kata kunci yang mempunyai tingkat persaingan yang tinggi dan sangat tinggi. Diperlukan upaya yang kompleks untuk meraih posisi yang sempurna tersebut. Akan tetapi perebutan posisi untuk keyword yang rendah sampai menengah jauh lebih mudah untuk diraih. Bahkan tanpa melakukan apa pun, hanya setting website saja, Anda sudah bisa meraih posisi pertama.

Kali ini kami akan mencoba berbagi pengalaman pribadi membuat website kita berada di halaman satu Google di posisi pertama dengan cara yang baik ya!

Setting Website dengan Benar

Tugas pertama Anda adalah melakukan pengaturan (setting) website dengan benar terlebih dahulu. Ini merupakan bagian dari optimisasi halaman (on-page optimization) website. Yang paling utama adalah pemilihan themes atau template. Pastikan Anda menggunakan themes yang bersifat SEO friendly. Jadi website pun bisa dibaca oleh robot Google dengan mudah. Kemudian Anda bisa menuliskan judul dan deskripsi website dengan singkat, padat, dan jelas. Jangan coba mengelabui sistem ya.

Pastikan Pemuatannya Cepat

Hal lain yang perlu Anda perhatikan yaitu loading website. Bagaimana website Anda memuat ketika seseorang mencoba untuk memasukinya juga menjadi nilai penentuan Google. Sebisa mungkin Anda harus memastikan website Anda bisa terbuka dengan cepat. Bahkan faktor ini harus diutamakan dari sekadar penampilan website. Anda dapat meningkatkan kecepatan loading website dengan memakai server yang besar, memakai file terkompres, mengurangi beban web, dan memakai plugin pendukung.

Buatlah Artikel yang Bermutu

Jangan harap Anda bisa mengelabui robot Google dalam menempatkan website ya. Kalau 10 tahun yang lalu, hal ini mungkin masih bisa dilakukan. Tetapi sekarang kita benar-benar sudah tak bisa membodohi robot perayap Google lagi karena sangat pintar. Daripada Anda memikirkan trik-trik yang begitu rumit, kami sarankan untuk fokus membuat konten yang bermutu. Pastikan artikel Anda memang berguna bagi para pengunjung yang datang dan mampu memecahkan masalah mereka. Ini yang harus diutamakan.

Layanilah Pengunjung Website

Apabila Anda mempunyai waktu yang cukup untuk mengelola website, kami merekomendasikan Anda menyalakan fitur komentar di dalam website. Dengan begini para pengunjung pun dapat mengajukan pertanyaan. Hal ini akan membuat mereka menjadi lebih puas. Anda bisa secara aktif menjawab semua pertanyaan relevan yang masuk dengan baik. Setelah kemudian terbentuk komunitas orang-orang yang menyukai website Anda, maka secara otomatis Google pun akan memprioritaskan posisinya.

Sebar Informasi Website Anda

Upaya promosi tidak hanya berlaku di dunia nyata saja, tetapi website Anda pun harus dipromosikan secara aktif supaya banyak orang yang tahu keberadaannya. Tugas ini terutama mesti dilaksanakan di awal-awal pembukaan website tersebut. Anda bisa secara aktif berpromosi di media sosial, forum, dan website komunitas yang berkaitan dengan topik website Anda. Tentunya di sini Anda harus melakukan aktivitas promosi ini dengan baik tanpa teknik spamming sama sekali. Lakukan secara rutin ya.