6 Faktor Utama Penyebab Website Anda Sepi Pengunjung

Anda dapat memanfaatkan website untuk turut eksis di dunia maya. Website atau dikenal pula dengan sebutan situs merupakan laman online yang menampilkan informasi tertentu. Nantinya website Anda dapat diakses oleh semua orang di manapun dan kapanpun. Orang-orang yang mengakses website ini bisa kita namakan pengunjung (visitor). Setiap pengunjung berguna bagi website karena menghasilkan nilai konversi sendiri. Jadi usahakan Anda memiliki pengunjung website yang banyak.

Semakin banyak jumlah pengunjung website, maka semakin bagus pula bagi keberlangsungan website Anda. Namun Anda sekarang sedang merasa heran sendiri karena website yang Anda miliki mempunyai visitor yang jumlahnya sedikit. Kenapa sih? Begitulah kira-kira pertanyaan mendasar yang ada di dalam benak Anda. Oleh sebab itu, kali ini kami akan mencoba menjelaskannya dengan lingkap di luar faktor teknis seperti server sedang down, website terkena penalti, website diblokir, atau faktor teknis lainnya.

Setidaknya ada sejumlah faktor-faktor utama yang menyebabkan website Anda sepi pengunjungnya. Di antaranya yaitu :

Website Anda Tak Bermanfaat

Kenyataannya memang website yang sepi pengunjung tidak memiliki manfaat yang siginifikan bagi para visitornya. Buat apa seseorang mengakses website tersebut tetapi tidak mendapatkan apapun dari sana, kan? Tapi sayangnya sering kali para pemilik website tidak menyadari hal ini. Jika website Anda memang sepi pengunjungnya, coba Anda mengevaluasi lagi website tersebut. Mintalah pendapat yang objektif dari orang-orang terdekat Anda. Namun Anda tidak boleh marah saat mendapat kritik yang pedas.

Informasi Anda Tidak Menarik

Khusus bagi website yang berbasis informasi, Anda sebaiknya memeriksa sekali lagi informasi yang telah Anda buat sebelumnya. Bukan tidak mungkin karena informasi yang kurang menarik, maka para visitor menjadi enggan membacanya dan akhirnya website Anda pun sepi. Rekomendasi kami adalah gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target pembaca Anda. Tidak perlu harus selalu menggunakan bahasa yang baku. Anak muda biasanya lebih suka pemakaian bahasa yang gaul dan kekinian.

Menyajikan Konten Tak Pantas

Anda mungkin telah menyajikan konten yang tidak pantas di dalam website tersebut? Coba cek sekali lagi deh. Konten yang tidak pantas ini tidak terbatas berupa konten vulgar atau informasi yang menjurus ke arah pembahasan topik dewasa ya. Tetapi semua hal yang tidak pantas untuk diucapkan, ditulis, atau dilihat juga termasuk ke dalam kategori ini. Kebanyakan orang membenci konten yang tidak pantas. Jadi Anda jangan pernah sekali pun menampilkannya ke dalam website Anda.

Website Sulit untuk Digunakan

Jikalau website diibaratkan sebagai sebuah toko, tentunya Anda lebih tertarik untuk pergi ke toko yang lebih mudah dikunjungi dibandingkan toko yang terletak di jalan yang susah dilewati, kan? Begitu pula dengan website ini. Kecepatan akses website biasanya menjadi tolak ukur utama dari kemudahan situs Anda. Mayoritas pengunjung akan langsung menutup website yang memiliki loading lama. Apalagi kalau sampai situs tersebut membingungkan atau sulit digunakan, maka dia tak akan pernah mengakses lagi.

Berisi Konten yang Berbahaya

Sebagai pemilik website, Anda harus memastikan keamanan dan keselamatan gadget milik pengunjung Anda ketika mengakses website. Anda harus berhati-hati terhadap kemungkinan website diretas hingga akhirnya memuat konten yang membahayakan. Pastikan pula semua konten yang Anda pasang di dalam website benar-benar aman dan tak mengandung bahaya sama sekali ya. Semua orang tentunya bakalan merasa kapok kalau mengunjungi situs yang pernah membuat gadget miliknya menjadi rusak.

Melanggar Hukum Indonesia

Walaupun website berada di dunia online, jangan mengira kalau tidak ada aturan yang mengikatnya ya. Kenyataannya memang website kita memang harus tunduk dan patuh terhadap peraturan yang berlaku, khususnya di Indonesia karena memang kita beroperasi di Negara Indonesia. Jika sampai website Anda melanggar peraturan hukum ini, maka kemungkinan besar website tersebut akan terkena blokir. Begitu pula dengan Anda pun dapat dikenai undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik). Jadi Anda harus tetap menjadi orang yang baik kalau mau suskes dengan website.