6 Tips Pintar agar Website dan Blog Anda Tidak Diretas oleh Hacker

Website atau blog yang Anda miliki bersifat publik. Walaupun akses untuk bisa memasuki sistem panel website/blog tersebut membutuhkan password, namun Anda harus menyadari kalau penjahat juga ada di internet. Penjahat internet yang suka membobol sistem panel website biasa disebut sebagai hacker. Meskipun ada beberapa hacker yang ditugaskan secara sengaja untuk meretas sebuah website, tetapi kebanyakan hacker adalah orang kurang kerjaan yang ingin eksis di dunia internet.

Bagi Anda yang masih pemula dalam mengelola website/blog harus ekstra waspada terhadap serangan hacker. Sebab kenyataannya hacker bisa menyerang kapan saja. Siapa pun bisa menjadi seorang hacker sehingga jumlah hacker di dunia ini tidak terbatas. Jadi kita memang tidak dapat menghindari serangan hacker. Adapun yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir terjadinya serangan dan mencegah hacker tersebut berhasil meretas website. Tetapi apa yang bisa kita lakukan?

Kali ini kami akan mencoba berbagi pengalaman tentang pencegahan serangan website oleh hacker. Jangan cuma dibaca saja, namun Anda harus mempraktikkannya sendiri!

Bersikap Ramah ke Siapa Saja

Tak ada asap kalau tak ada api. Faktanya memang kebanyakan serangan hack pada website berawal dari cekcok di sosial media, khususnya ribut yang terjadi antar-programmer. Kemudian salah satu yang tidak terima biasanya akan mulai mencari tahu website apa saja yang dikelola oleh musuhnya. Dan kejadian selanjutnya bisa Anda tebak, di mana dia meretas website lawannya sebagai bentuk balas dendam. Agar masalah ini tidak menimpa Anda, selalu bersikap ramah. Carilah teman sebanyak-banyaknya.

Jangan Buat Konten Negatif

Perlu Anda ketahui hacker bukanlah suatu pekerjaan. Ibaratnya hacker merupakan pembobol. Jadi siapa saja bisa menjadi seorang hacker ya. Bahkan pesaing bisnis Anda saat ini pun mampu bertindak sebagai hacker. Itu sebabnya Anda tak boleh membuat konten negatif di dalam website yang bisa menyinggung seseorang atau kelompok. Bersainglah secara sehat karena setiap orang bisa menjadi sangat jahat ketika dia sedang merasa parah. Jangan pernah menyulut api permusuhan.

Selalu Perbarui CMS Website

Terutama bagi Anda pengguna CMS (Content Management System) website yang bersifat publik seperti wordpress dan sejenisnya, maka Anda harus lebih meningkatkan kewaspadaan. Mengapa? Karena sifat CMS tersebut yang umum membuat banyak orang mengetahuinya sampai ke kelemahannya. Tapi Anda jangan panik. Selama Anda rutin melakukan update setiap kali muncul pemberitahuan versi terbaru di dashboard, maka website Anda bakal tetap aman dan terhindar dari serangan hacker.

Periksa Kembali Kode & Script

Sementara itu, bagi Anda yang membuat CMS sendiri menggunakan kode dan script pribadi, maka Anda harus lebih waspada. Meskipun CMS Anda bersifat premium dan tidak diketahui oleh banyak orang, tapi tak menutup kemungkinan adanya serangan hacker yang menimpa website Anda. Masalah ini biasanya terjadi lantaran ada kelemahan yang Anda buat dalam membangun CMS tersebut sehingga menciptakan bug tersendiri. Anda harus teliti dan rutin memeriksa semua kelemahan tersebut.

Jangan Menggunakan Bajakan

Anda juga sama sekali tidak boleh menggunakan barang bajakan untuk dipasang di website. Apapun itu benar-benar tidak boleh. Contohnya seperti themes, template, plugin, script, robot, dan sebagainya. Jangan pernah tergiur memakainya walaupun orang yang sharing mengatakan kalau file tersebut aman. Karena mayoritas file bajakan ini telah disusupi kode tertentu di dalamnya yang memungkinkan hacker dengan mudahnya dapat membobol website Anda tanpa ketahuan.

Cobalah Menyewa Hacker Baik

Bagi Anda yang mempunyai anggaran berlebih, kami sarankan untuk menyewa jasa hacker yang baik. Berbeda dengan hacker jahat, si hacker baik ini memang bekerja untuk mencari kelemahan sistem di dalam website Anda. Nantinya dia akan memberitahukan semua kelemahan yang terdapat di dalam website Anda serta memberikan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Anda tidak perlu mencarinya sampai ke luar negeri. Karena banyak juga jasa hacker baik ini di Indonesia kok.