7 Tips agar Website Anda Disetujui oleh Google AdSense, Mudah Kok!

Aktivitas membangun website memang terasa menyenangkan sekali. Apalagi bagi Anda yang notabene mempunya hobi menulis. Hobi Anda tersebut dapat tersalurkan dengan baik melalui media ini. Namun seiring berjalannya waktu kadang-kadang kita bakalan merasa jenuh melakoni hobi tersebut. Masalah ini tentunya tidak akan terjadi apabila hobi Anda bisa menghasilkan uang. Untungnya website dan blog juga bisa kita gunakan untuk mendapatkan uang loh. Salah satunya melalui Google AdSense.

Pada dasarnya Google AdSense adalah media periklanan digital yang menjadi sarana bagi para pemilik website untuk menjadi publisher iklan dan memperoleh uang dari sana. Sebagai publisher, kita tak perlu repot mencari pengiklan (advertiser) yang mau menayangkan iklan di website kita. Semua pekerjaan ini sudah dilakukan oleh tim Google AdSense. Tugas kita hanya memasang kode iklan di website saja. Nanti perhitungan pembayarannya dilakukan menurut per klik dan tayangan iklan di website.

Dengan kemudahan dan keterbukaan yang dimilikinya, wajar memang kalau mayoritas webmaster lebih menyukai Google AdSense dibandingkan platform periklanan yang lain. Tapi menjadi seorang publisher di Google AdSense kenyataannya tidak semudah itu. Bahkan untuk pendaftarannya pun terbilang susah sekali. Dibutuhkan upaya persiapan yang benar-benar matang supaya website kita bisa diterima oleh tim Google AdSense. Tentu saja Anda harus bersikukuh dan tidak boleh langsung menyerah ya.

Kami akan berbagi kiat-kiat mempersiapkan website supaya diterima Google AdSense. Ini merupakan pengalaman pribadi yang sengaja kami share untuk membantu Anda semua ya!

Siapkanlah Website dengan Baik

Sama halnya seperti Anda hendak melamar pekerjaan, tentunya Anda harus melakukan persiapan diri terlebih dahulu, kan? Begitu pula ketika Anda berencana untuk mendaftar di Google AdSense, persiapan awal ini benar-benar penting. Yang paling utama adalah Anda harus memastikan kalau website tersebut bisa diakses dengan baik melalui komputer dan smartphone. Sangat disarankan untuk mengoptimalkan tingkat kecepatan website. Anda juga perlu memastikan bahwa website Anda aman dikunjungi.

Coba Gunakan Theme yang Tepat

Faktor selanjutnya yang juga perlu Anda perhatikan dengan sungguh-sungguh ialah penggunaan theme. Kami merekomendasikan pemakaian theme yang cepat, responsif, dan simpel. Untuk sementara waktu Anda sebaiknya menghindari theme yang rumit, neko-neko, dan banyak animasinya. Meskipun kelihatan keren bagi Anda, tapi Google biasanya menilai buruk untuk website yang tampilannya berlebihan. Kami juga menyarankan Anda untuk menggunakan theme standar yang sudah tersedia di dashboard.

Pastikanlah Navigasi Website Jelas

Anda juga harus benar-benar memperhatikan navigasi website. Yang dimaksud navigasi di sini adalah penataan bagian-bagian website. Penempatan judul website, header, kategori, postingan, wiget, dan lain-lain harus terlihat jelas dan tidak membingungkan pengunjung. Jangan pernah terbersit di dalam benak Anda untuk mengelabui visitor ya. Google sangat tidak suka hal tersebut. Kami sarankan untuk menempatkan kategori di widget sebelah kiri. Sedangkan navigasi pages ada di bawah header.

Buat Halaman Pendukung Lengkap

Halaman (page) pendukung sangat penting peranannya untuk meningkatkan nilai otoritas website dan menambah kepercayaan bagi para visitor terhadap website Anda. Adapun pages yang kami maksud di sini antara lain about us, contact us, privacy policy, serta DMCA & disclaimer. Kami juga menyarankan Anda untuk membuat page tambahan berisi sitemap yang bisa dibaca oleh pengunjung. Letakkan baris pages ini di bawah header supaya terlihat jelas. Isilah halaman tersebut dengan baik ya.

Artikel yang Orisinal dan Berguna

Kemudian kita berlanjut ke pokok intinya yaitu artikel. Dari berbagai konten website yang bisa dibuat, fakta membuktikan kalau Google AdSense lebih menyukai konten berupa artikel untuk dimuat di web. Jadi membuat website berbasis artikel merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang kelak akan coba mendaftarkannya di Google AdSense. Kami ingatkan Anda untuk membuat artikel yang orisinal, asli, dan bukan salinan dari artikel lain, termasuk gambarnya pun harus milik Anda sendiri. Siapkan minimal 10-15 artikel saat mendaftar.

Artikel Tidak Boleh Melanggar Ya

Anda harus tahu kalau ada beberapa topik yang dilarang oleh Google AdSense seperti obat-obatan yang terlarang, senjata api, pornografi, SARA, informasi palsu, download ilegal, dan informasi yang melanggar hukum. Tentunya topik ini tidak boleh Anda muat di dalam website. Jikalau memaksakan diri, maka kami yakin website Anda pasti bakalan ditolak mentah-mentah oleh tim Google AdSense. Selain itu, Anda juga tidak boleh mengambil foto dan atau video milik orang lain untuk di-post di website tersebut.

Terus Menulis & Jangan Berhenti

Setelah persiapan website sudah Anda laksanakan dengan baik, silakan Anda bisa mendaftarkan website tersebut ke Google AdSense. Kemudian Anda bisa menunggu kabar apakah website Anda diterima atau ditolak. Waktunya sendiri biasanya sekitar 2-3 minggu atau lebih cepat. Selama waktu tunggu tersebut, Anda tidak boleh berdiam diri. Teruslah isi website Anda dengan artikel yang bermanfaat paling tidak 2-3 artikel per hari. Nantinya tim Google AdSense akan menghubungi Anda melalui email.