Cara agar Blog Tampil di Google, Bing, dan Mesin Pencarian yang Lain

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat blog yang ramai pengunjungnya adalah Anda harus mengupayakan agar blog tersebut tampil di mesin pencarian seperti google, bing, dan sebagainya. Tujuannya bukan lain supaya orang lain pun mengetahui tentang keberadaan blog Anda tersebut. Jadi di saat seseorang mengetik suatu kata kunci di laman mesin pencarian, kemudian menemukan blog Anda, maka dari situlah Anda mendapatkan seorang pengunjung.

Sehingga sangat penting bagi blog kita untuk tampil di google, bing, dan mesin pencari yang lain. Cuma memang untuk bisa memasuki search engine tersebut tidaklah mudah. Apalagi untuk menjadi peringkat nomor satu di halaman pertama, Anda membutuhkan upaya yang sungguh-sungguh. Tetapi konsentrasi pembahasan kali ini hanya sebatas membuat blog Anda tampil di mesin pencari saja. Dengan mengikuti panduan di bawah, kami harap Anda bisa melakukannya sendiri dengan lebih mudah.

Berikut ini merupakan upaya-upaya yang bisa Anda lakukan agar blog Anda tampil di halaman Google, Bing, dan mesin pencarian yang lainnya.

Siapkan Blog dengan Baik

Sebelum Anda menunjukkan blog Anda ke hadapan google, bing, atau mesin-mesin pencarian yang lain, kami sarankan untuk melakukan proses persiapan terlebih dahulu dengan baik. Ibaratnya Anda bakalan pergi ke kantor untuk melamar pekerjaan, tentunya Anda harus menyiapkan semuanya dengan sebaik-baiknya kan? Inilah tugas pertama Anda yang harus diselesaikan dengan baik. Anda harus menyiapkan semua dengan matang supaya mesin pencari menganggap blog Anda adalah situs yang baik.

Persiapan yang kami maksudkan di sini mencakup persiapan tampilan situs, performa blog, beserta isi di dalamnya. Pastikan blog Anda bisa diakses dengan baik melalui ponsel dan komputer. Perhatikan pula isi penampilannya secara keseluruhan. Google sendiri kini menyukai blog yang bisa diakses dengan cepat, paling tidak kurang dari 5 detik semua isi di dalamnya sudah harus terbuka. Barulah kemudian Anda bisa menyiapkan isinya berupa artikel-artikel yang berkualitas. Paling tidak buatlah 10 artikel dahulu.

Submit Blog di Webmaster

Langkah berikutnya yaitu Anda perlu melakukan submit blog Anda ke webmaster tools. Perlu Anda tahu, setiap mesin pencari mempunyai webmaster tools tersendiri. Tidak hanya google atau bing saja, namun mesin pencarian yang lainnya juga memiliki tools khusus tersebut. Walaupun kelihatannya sedikit repot, tetapi proses ini mutlak dilakukan supaya blog Anda bisa tampil di mesin pencari. Dapat dikatakan fungsi submit ini untuk memberitahukan mesin pencari tentang keberadaan blog Anda tersebut.

Jikalau blog Anda memang sudah benar-benar siap, silakan Anda bisa langsung mengunjungi webmaster tools. Misalnya di sini kita akan melakukan submit blog ke Google Webmaster Tools alias Google Search Console, silakan Anda mengunjungi website resminya dan masuk dengan akun gmail. Kemudian lakukan proses submit di tombol yang telah disediakan. Proses verifikasinya sendiri bisa dilakukan menggunakan metode upload file di direktori atau memasang kode khusus di bagian header blog Anda.

Tunggu sampai Terindeks

Setelah proses submit blog di webmaster sudah Anda lakukan, kini tugas Anda hanya menunggu saja. Ya Anda harus menunggu sampai mesin pencari google merayapi blog Anda dan menampilkannya di laman pencariannya. Waktunya tidak terlalu lama kok. Paling cepat sih 1 jam juga blog Anda sudah tampil di halaman mesin pencari. Sedangkan waktu yang paling lama sampai 3-5 hari. Biasanya kecepatan loading blog berperan penting dalam menentukan seberapa cepatnya blog Anda