Cara Mempercepat Loading Website supaya Kurang Dari 5 Detik

Fungsi website saat ini begitu penting, khususnya sebagai media promosi secara online. Website kini telah berkembang menjadi media yang memiliki fungsi krusial bagi masyarakat. Tidak hanya perusahaan saja yang memerlukan website, tapi bisnis UMKM juga sekarang membutuhkannya. Hal ini tak terlepas dari peranan website yang sangat baik untuk memasarkan usaha Anda menjadi lebih luas. Dan salah satu kunci kesuksesan sebuah website adalah kecepatan memuat (loading) halamannya.

Bagaimanapun juga pengguna menginginkan website yang dikunjunginya bisa membuka dengan cepat. Semakin cepat waktu pemuatannya, maka bakalan semakin bagus. Survei membuktikan kalau pengguna kebanyakan akan meninggalkan website yang tak terbuka dalam kurun waktu 5 detik. Jadi website yang baik mempunyai kecepatan loading halaman kurang dari atau sama dengan 5 detik. Tenang saja, kami tentu akan membantu Anda untuk mencapai kecepatan loading standar tersebut.

Berikut ini merupakan kiat-kiat yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat loading website tersebut!

Gunakan Themes/Template Sederhana

Website/blog yang mempunyai tampilan atraktif memang sangat menarik. Tetapi sayangnya ada banyak perintah yang harus ditanamkan sehingga menyebabkan website tersebut menjadi lambat. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memakai themes/template yang sederhana saja. Kenyataannya rata-rata website besar justru menggunakan tampilan yang simple. Karena selain membuat loading halaman lebih cepat, tampilan sederhana ini juga dapat memudahkan para penggunanya.

Pasang Hanya Fitur yang Dibutuhkan Saja

Dari awal, Anda harus memutuskan akan membuat website untuk keperluan apa. Kemudian dari sinilah Anda bisa menentukan fitur-fitur yang sebaiknya dipasang di dalam website tersebut. Memang benar kalau kita dapat memasang berbagai fitur di website. Namun bila fitur tadi pada akhirnya tidak dipakai mendingan dibuang saja karena cuma memperberat loading situs. Ada baiknya Anda hanya fokus pada fungsi utama website Anda serta tidak memasang fitur yang aneh dan tidak digunakan.

Pakailah Hosting yang Tangguh dan Cepat

Faktor hosting juga berpengaruh secara langsung terhadap kecepatan loading website Anda. Di dalam hosting ini terdapat perangkat-perangkat keras (hardware) yang mempengaruhi performa website. Anda sebaiknya menggunakan website yang memang mempunyai kualitas yang baik dan tangguh agar loading website menjadi semakin cepat. Jangan lupa juga untuk melakukan upgrade server hosting kalau jumlah pengunjung website Anda sudah meningkat secara signifikan.

Hindarilah File-file yang Ukurannya Besar

Tidak sedikit pula administrator website yang menggunakan file berukuran besar untuk ditampilkan di dalam website. File yang ukurannya besar memang mempunyai kualitas yang lebih baik. Namun bukan berarti Anda tidak bisa membuat file yang mirip dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Sebaiknya Anda melakukan optimisasi kembali terhadap file-file yang dipakai, terutama soal ukurannya. Ketika ukuran website Anda menjadi lebih kecil, maka website pun jadi lebih ringan dan lebih cepat dimuat.

Perbaiki Kode Script di Dalam Website

Dan yang terakhir adalah mengenai kode script yang digunakan untuk membuat website tersebut. Anda harus tahu jika sebuah website terbentuk dari kumpulan script yang saling berkaitan. Karena jumlahnya ada begitu banyak, maka tak jarang seorang programmer melakukan kesalahan saat menuliskan kode demi kode script tersebut. Tugas Anda ialah memeriksa kembali rangkaian kode script yang sudah Anda tulis. Kemudian lakukan perbaikan supaya script tersebut menjadi lebih sederhana.