Catat 6 Tips agar Website Anda Tidak Diblokir (Deindex) oleh Google!

Website bisa menjadi media yang paling tepat digunakan untuk mewakili perusahaan di era digital. Ini merupakan perwakilan dari sosok perusahaan Anda di ranah internet. Di dalam website berisi semua informasi tentang perusahaan secara lengkap dan menyeluruh. Dengan demikian ketika ada seseorang hendak mengetahui perusahaan Anda untuk menjalin kerja sama dan lain-lain, dia cukup mengakses website tersebut. Tentunya ini sangat praktis dan efisien sekali ya.

Biasanya sih orang akan menggunakan bantuan mesin pencari seperti Google saat mencari alamat dari suatu perusahaan. Jadi dia bakalan mengunjungi web Google terlebih dahulu, lalu mengetikkan nama perusahaan yang dimaksud. Karena Google merupakan mesin pencari yang sangat pintar, maka website resmi pasti akan selalu tampil di halaman pertama di posisi paling atas. Namun kadang-kadang website sama sekali tidak mau muncul di Google karena telah diblokir alias mengalami deindex.

Di bawah ini merupakan faktor-faktor yang dapat menyebabkan suatu website diblokir oleh Google, di antaranya :

  1. Website telah melanggar aturan kebijakan penggunaan sistem Google
  2. Website melakukan upaya spamming secara massal, agresif, dan berbahaya
  3. Website terbukti melakukan upaya penipuan kepada para pengunjung
  4. Website dilaporkan oleh orang lain karena merasa kesal, tertipu, atau faktor lain
  5. Website memakai teknik black hat SEO untuk mengoptimalkan ranking di SERP

Sebenarnya mudah sekali kok caranya supaya website kita tetap aman dan tidak diblokir oleh Google. Silakan Anda dapat mengikuti kiat-kiat sebagai berikut ya!

Tetap Patuhi Kebijakan Penggunaan Google

Google tentunya menjadi tuan rumah di mesin pencarinya. Ibaratnya Anda adalah seorang tamu, maka Anda harus tunduk dan patuh terhadap aturan yang telah dibuat oleh si Tuan Rumah. Begitu pula dalam sistem pencarian Google juga mempunyai aturan-aturan tersendiri yang wajib dipatuhi oleh blogger dan webmaster kalau ingin situs miliknya tampil di halaman pencarian Google. Aturan-aturan ini tertuang di dalam kebijakan penggunaan Google. Anda bisa mempelajari kembali kebijakan penggunaan tersebut.

Jadilah Website yang Baik dan Bermanfaat

Ini dia salah satu syarat utamanya kalau Anda menginginkan website Anda disayangi oleh Google serta menjadi anak emasnya. Rahasianya yaitu jadilah website yang bermanfaat bagi para pengunjung. Google sendiri sudah mempunyai patokan dasar untuk menilai apakah suatu website itu berguna atau tidak bagi visitor. Kami akan mencoba membahasnya di artikel mendatang ya. Intinya adalah Anda harus membuat website yang memiliki nilai manfaat. Cobalah posisikan diri Anda sebagai visitor untuk menilainya.

Pastikan Web Dapat Diakses dengan Mudah

Faktor lainnya yang mesti Anda perhatikan dengan sungguh-sungguh yaitu aksesibilitas website. Google sendiri dengan tegas sudah menyebutkan kalau akan memprioritaskan website yang memiliki kecepatan loading yang baik. Artinya website bisa dibuka seluruhnya dalam waktu kurang dari 5 detik. Makin cepat website dapat diakses, maka Google pun bakal semakin menyukainya. Sedangkan website yang lambat waktu muatnya punya kemungkinan akan diblokir (deindex) karena dianggap sudah tidak aktif lagi.

Jangan Berupaya Mengelabui Sistem Google

Walaupun Google cuma sebatas mesin pencari, tetapi Anda sama sekali tidak boleh menyepelekannya. Jangan pernah Anda meremehkan kemampuan Google karena faktanya mesin pencari ini benar-benar sudah pintar. Tidak hanya mampu menampilkan informasi yang sangat relevan di halaman pencarian, namun Google juga sanggup mendeteksi blog atau website yang berupaya untuk mengelabui sistem. Hukumannya jelas situs tersebut bakalan diblokir selamanya. Tentu Anda tak mau hal ini terjadi, kan?

Jangan Pernah Mencoba Menipu Para Visitor

Selain tidak boleh mengelabui sistem Google, Anda juga dilarang keras untuk menipu para visitor. Anda sama sekali tidak boleh melakukan perbuatan yang hina ini. Bagaimanapun juga visitor adalah segalanya bagi para pemilik website. Ketika ada seseorang yang sudah merasa tertipu, maka biasanya selamanya dia tidak akan mau mengakses website Anda lagi. Bahkan lebih buruknya lagi dia akan menceritakan hal yang dialaminya ke orang lain dan melaporkan kejadian tersebut ke Google agar website Anda diblokir.

Layani Semua Visitor Anda Secara Maksimal

Memang sudah sepatutnya kita melayani para tamu yaitu visitor website dengan sebaik-baiknya. Anda harus bersikap aktif, baik di website maupun sosial media untuk membangun jaringan orang-orang yang menyukai website Anda. Google sendiri kini mampu mengetahui website yang disukai oleh banyak orang atau tidak. Jadi saat website Anda benar-benar sangat disukai oleh para pengunjung, maka Google pun akan mengutamakan website Anda di hasil pencarian. Website pun terhindar dari potensi deindex.