Inilah Perbedaan Antara Blog dan Website yang Paling Mendasar

Untuk dapat merambah bisnis ke ranah online maka terdapat banyak jalan yang bisa Anda gunakan. Di antaranya yaitu membuat blog ataupun website. Ya, pada dasarnya blog dan website memiliki tampilan yang sama persis. Keduanya juga sama-sama merupakan laman daring. Namun pada hakikatnya antara blog serta website ini mempunyai perbedaan yang sangat mencolok. Jadi Anda tidak bisa menyamakan keduanya. Karena blog dan website adalah dua situs yang berbeda.

Namun bagi sebagian besar orang awam menganggap kalau blog dan website merupakan sama. Walau tidak sepenuhnya salah, tetapi kita tetap tak dapat menyamakan keduanya ya. Antara blog dan website memiliki perbedaan yang sangat mendasar, baik dari segi fungsionalitas, tujuan, tampilan, dan lain-lain. Karena memang masih banyak orang yang salah kaprah terhadap blog dan website, maka kami bakalan mencoba menjelaskan perbedaan-perbedaannya untuk Anda semua.

Di bawah ini merupakan faktor-faktor yang membedakan antara blog dan website secara mendasar. Anda mesti memperhatikannya dengan baik!

DOMAIN

Semua situs di internet menggunakan domain. Ibaratnya sih domain ini seperti alamat rumah kita. Jadi ketika orang-orang ingin mengunjungi situs Anda, maka dia harus menuliskan alamat domainnya. Saat ini ada bermacam-macam akhiran domain. Yang paling terkenal tentunya adalah com, net, dan org. Nah, website selalu menggunakan domain privasi. Sedangkan situs yang menggunakan subdomain publik seperti blogspot, wordpress, dan weebly adalah blog. Situs dengan subdomain gratisan tersebut tak bisa disebut website. Di sisi lain, situs dengan domain sendiri juga bisa menjadi blog asalkan memang situs tersebut memposisikan dirinya sebagai blog.

TUJUAN

Dari segi maksud dan tujuan pembuatan situs, antara blog serta website juga mempunyai perbedaan yang besar. Rata-rata blog dibuat dengan tujuan untuk sekadar berbagi (sharing) kepada para visitor. Dia memang sengaja membuat blog untuk berbagi apa yang dimiliki atau diketahui ke para pembaca. Tetapi akhir-akhir ini ada pula tren menjadikan blog untuk keperluan bisnis ya. Sementara itu, website sendiri selalu dibuat untuk tujuan bisnis. Entah itu mengembangkan bisnis yang sudah ada di offline menuju ke online ataupun murni membuat bisnis secara online.

PENAMPILAN

Secara garis besar, blog memang mempunyai tampilan yang sederhana. Penampilan blog sengaja dibuat bersih, simple, dan tidak kompleks karena memang tujuan utama pembuatannya hanya sekadar untuk sharing. Namun bukan berarti semua blog itu demikian ya. Sebab kenyataannya sekarang adalah banyak pula yang mempunyai tampilan yang sangat menarik, atraktif, dan penuh animasi. Hal ini beda dengan website yang selalu dibuat dengan mengedepankan profesionalitas. Penampilan website selalu menarik dan mencerminkan bisnis yang digelutinya.

FITUR-FITUR

Setiap situs mempunyai fitur yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya, fitur untuk website jauh lebih kompleks ketimbang blog. Sebuah website pasti mempunyai fitur yang melengkapinya. Contoh yang paling dasar seperti chat, formulir, dan sebagainya. Bahkan saat ini banyak pula webste yang sudah menanamkan fitur yang kompleks ke dalam situsny seperti video, editor, katalog, dan lain-lain. Berbeda dengan blog yang dibuat ala kadarnya. Fungsi sharing di blog jauh di depan dibandingkan faktor-faktor lainnya. Jadi tidak terlalu penting bagi blog untuk memiliki fitur tambahan.