Mengapa Website Tiba-tiba Tidak Bisa Diakses? Inilah Jawabannya

Saat ini Anda mungkin sedang kebingungan sendiri karena website yang Anda kelola tiba-tiba tidak bisa diakses sama sekali. Anda sudah mencoba berkali-kali. Tetapi website tersebut tidak mau terbuka juga. Padahal sebelumnya Anda masih mampu mengaksesnya dengan lancar. Belum terlalu lama Anda masih dapat membuka website tersebut. Namun kenapa sekarang kondisinya berbeda. Kira-kira apa penyebab yang sebenarnya sampai membuat website Anda tidak bisa diakses? Mengapa demikian?

Begitu kurang lebih pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam benak Anda. Bagaimanapun ini adalah masalah yang sangat aneh dan membingungkan. Bahkan bukan tidak mungkin sekarang merupakan kali pertama Anda mengalami masalah tersebut. Namun Anda harus tetap bersikap tenang dan tidak boleh merasa khawatir. Karena pada dasarnya semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Begitu pula dengan masalah website Anda yang tidak bisa diakses pun bisa diatasi dengan solusi yang tepat.

Di bawah ini merupakan faktor-faktor yang sering menyebabkan website tidak bisa diakses, antara lain :

Server Sedang Down

Ini merupakan masalah utama yang paling sering membuat website mengalami mati secara mendadak. Tidak lain yaitu server yang Anda gunakan untuk menampung website tersebut sedang down. Anda tak perlu cemas untuk mengatasi masalah yang satu ini. Tugas pertama Anda adalah mengetahui penyebab down pada server Anda tersebut. Kalau Anda tidak mau repot langsung tanyakan saja kepada petugas Customer Service perusahaan hosting yang Anda gunakan. Mereka pasti mau membantu Anda.

Diblokir Perusahaan ISP

Kasus ini juga bisa terjadi dan menimpa website Anda, di mana website diblokir oleh perusahaan ISP (Internet Service Provider). Masalah ini biasanya terjadi lantaran Anda menampilkan konten yang tidak pantas di dalam website. Konten yang kami maksud tidak terbatas untuk pornografi saja ya. Beberapa konten tidak pantas seperti penghasutan, informasi palsu, pembohongan publik, gambar mengerikan, dan lain-lain juga bisa menjadi penyebabnya. Anda harus segera membenahi website.

Hosting Terkena Suspend

Website membutuhkan hosting sebagai tempat penyimpanan data. Saat ini tersedia bermacam-macam hosting yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Tetapi jangan mentang-mentang Anda sudah membeli dan membayar layanan hosting tersebut dengan lunas, kemudian Anda memakai dengan seenak hati. Hal ini tentu saja sangat dilarang keras. Anda harus tetap mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan hosting tersebut agak tidak terkena suspend ya.

Domain Tidak Diperpanjang

Anda harus tahu kalau sebuah domain mempunyai masa berlaku selama setahun. Jadi setelah hampir setahun berlalu, Anda wajib melakukan perpanjangan domain supaya tetap bisa digunakan. Kalau tidak, maka domain tersebut akan kadaluarsa alias expired. Tepat pada tanggal jatuh tempo domain tersebut expired biasanya sudah tidak bisa diakses lagi kalau tidak dilakukan perpanjangan. Namun tenang, pada masa ini Anda tetap bisa memperpanjang domain tersebut dengan harga normal. Cepat lakukan ya!

Terkena Serangan Hacker

Dan inilah yang paling tidak diinginkan oleh seluruh pemilik website manapun. Kadang-kadang memang ada orang pintar yang sedang tidak ada kerjaan (gabut) kemudian melakuan serangan peretasan kepada website. Ya, mayoritas serangan hacker memang cuma karena iseng saja. Selebihnya bisa karena merasa dendam, tersaingi, mendapatkan keuntungan, pengancaman, pencemaran nama baik, dan sebagainya. Anda wajib banget berhati-hati dengan serangan hacker yang bisa menimpa website kapanpun.