Penyebab Loading Website Begitu Berat dan Cara Mengatasinya

Saat Anda memiliki sebuah website, maka Anda harus benar-benar memperhatikan segala aspek terkait tentang website tersebut. Salah satunya yaitu mengenai kecepatan (speed) website. Website adalah faktor yang sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah website. Tidak hanya menjadi penilain pengguna saja, tapi faktor kecepatan ini juga menjadi tolak ukur bagi mesin pencari seperti Google dan Bing dalam merangking situs-situs yang ditampilkannya dalam daftar pencarian.

Tahukah Anda, pengguna internet umumnya akan membuka website dengan waktu loading kurang dari 5 detik. Artinya jika website Anda mempunyai kecepatan memuat kurang dari 5 detik, kemungkinan besar adalah ada banyak pengunjung yang batal membukanya. Jadi Anda harus benar-benar perhatikan soal speed website ini. Caranya tentu dengan mengetahui hal-hal apa saja yang membuat kecepatan website tersebut terasa begitu berat. Anda harus mengatasinya dengan tuntas.

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan loading website menjadi begitu berat di antaranya :

Banyak Script Sampah

Semua pemilik website selalu ingin memberikan pengalaman yang terbaik bagi para penggunanya. Dia ingin tampil memukau sehingga dapat menarik hati para visitor. Sampai akhirnya dia pun memasang fitur-fitur yang begitu banyak ke dalam websitenya. Padahal jika ditelaah lebih lanjut, ada banyak dari fitur tersebut yang tidak berguna. Kami menyebutnya sebagai fitur sampah. Sebaiknya Anda menghapus fitur-fitur tidak bermanfaat ini supaya tidak memberatkan loading website Anda.

Performa Server Lemah

Khususnya bagi Anda yang menggunakan hosting berbayar, bukan hosting gratis di blogger, maka Anda harus memperhatikan dengan spesifikasi server yang digunakan. Server ini bisa diibaratkan sebagai CPU, di mana di dalamnya terdapat berbagai perangkat keras yang mengatur performa website Anda secara langsung. Anda mesti menyesuaikan server hosting yang digunakan dengan ukuran website dan jumlah pengunjung. Lakukan upgrade server hosting secara berkala agar performa website Anda terus terjaga.

File Terlalu Besar

Memang sih ukuran file yang besar umumnya mempunyai tampilan yang lebih baik. Contohnya seperti gambar, di mana gambar berukuran besar nampak lebih jernih ketimbang gambar kecil. Tetapi Anda tak harus selalu menggunakan gambar besar di sini. Anda mesti cerdik dalam menyiasatinya dan memakai perintah tertentu untuk menghemat ukuran file. Jangan membuat visitor Anda boros kuota akibat Anda memasang file-file besar di dalam website yang sebenarnya masih bisa diperkecil lagi.

Coding yang Error

Anda harus memeriksa dengan baik semua pengkodean yang membangun website. Pastikan tidak ada perintah error di dalamnya. Sebab kenyataannya beberapa perintah coding yang error dapat membuat loading website semakin lambat loh. Bahkan tidak sedikit pula kasus ini menguras banyak kuota akibat browser yang harus memuat halaman berulang-ulang kali. Jadi Anda perlu mengecek sekali semua coding di dalam website. Jika ada yang error, maka segera perbaiki.

Web Tidak Dioptimisasi

Masalah klasik yang sering menyebabkan website milik orang awam menjadi lambat adalah website tersebut tidak mendapatkan optimisasi dengan baik dan benar. Padahal kita bisa membuat performa website menjadi jauh lebih baik daripada sebelumnya melalui proses optimisasi ini, meskipun tanpa melakukan upgrade server. Kalau bingung soal coding, Anda yang menggunakan CMS WordPress bahkan bisa memanfaatkan plugin-plugin yang banyak tersedia di dashboard website Anda.